ILMU SEHAT

MEMBACA TANDA GANGGUAN KESEHATAN LEWAT TANGAN
Tangan Anda bisa menjadi petunjuk adanya suatu gangguan kesehatan di dalam tubuh sebelum memutuskan untuk menemui dokter. Simak penjelasannya berikut ini sesuai yang di lansir di medicmagic

                                                            TANGAN BERKERINGAT
Biasanya terjadi bila Anda sedang cemas atau gugup. Namun, bila sering terjadi tanpa sebab yang jelas, mungkin Anda mengalami gangguan kelenjar tiroid atau penyakit jantung.

TELAPAK TANGAN MEMERAH
Kondisi ini bisa menjadi sinyal adanya gangguan hati. Selain gangguan ini, telapak tangan merah juga menjadi petunjuk penyakit rheumatoid arhritis dan gangguan tiroid.

TANGAN BERGETAR
Jika terlalu sering mengalami gemetar tak terkendali di tangan bisa menjadi peringatan dini adanya penyakit parkinson, yang mempengaruhi sistem saraf, termasuk gerakan otot tubuh.

KUKU BERUBAH WARNA
Kuku yang sehat cenderung memiliki warna merah muda. Namun, jika kuku Anda berwarna kuning kehijauan, mungkin terjadi infeksi jamur. Dalam kasus-kasus tertentu, perubahan warna kuku menjadi tanda awal penyakit paru-paru.

KUKU BERBENTUK SENDOK
Normalnya, kuku sehat akan berbentuk sedikit melengkung dengan posisi mengarah ke bawah kuku. Jika kuku terlihat berlainan arah atau cekung ke atas seperti sendok, mungkin Anda menderita kekurangan zat besi atau anemia. Kuku rapuh yang tidak wajar juga menjadi tanda masalah kesehatan yang lebih serius, seperti kanker paru-paru dan penyakit jantung.

KULIT TANGAN KERING
Kondisi ini memberi petunjuk awal gangguan tiroid sehingga hilangnya kelembaban kulit. Kulit tangan kering juga dapat mencerminkan adanya alergi atau gangguan sensitivitas kulit yang disebabkan oleh pemakaian produk kosmetik tertentu.

BENJOLAN PADA JARI
Benjolan pada jari yang dekat dengan kuku adalah tanda pertama untuk osteoarthritis. Benjolan ini muncul karena penyakit yang menyebabkan persendian merenggang dan memunculkan tulang baru.

KELINGKING BENGKOK                                                                                                                                                   menandakan adanya permasalahan pada organ saraf dalam jantung. Tulang punggung tidak pada tempatnya karena kecelakaan (Bagian atas berpengaruh pada otak, bagian bawah mengganggu reproduksi. Wanita sering melahirkan/pernah operasi. Tingkat stres seseorang. Pernah panas tinggi sehingga mata minus. Jika yang bengkok bagian atas, rahim jatuh sehingga sakit pinggang. Jari kelingking runcing menunjukkan ketidaksuburan wanita.


JARI MANIS BENGKOK                                                                                                                                              Menandakan adanya gangguan pada sistem syaraf imunitas tubuh dan gangguan pada usus halus.


JARI TENGAH BENGKOK                                                                                                                                                       gangguan pada organ selaput jantung, ditandai sering kaget/sir-siran.


JARI TELUNJUK BENGKOK                                                                                                                                           permasalahan terletak pada syaraf usus.


IBU JARI TIPIS     => Sinusitis.


BENJOLAN    => Masalah amandel, kelenjar tiroid.


BULAN SABIT                                                                                                                                                                                       Bagi wanita, semakin banyak putihnya semakin subur. Pada pria, semakin banyak putihnya semakin keras kerja ginjal. Pada jari yang lain, semakin banyak putih semakin lemah libido.
Gurat biru=> Masalah paru-paru. Jika sampai kuku ibu jari => sinusitis. Alergi (tandanya rambut rontok, jerawat muka, bersin pagi hari, flu, sembelit, wasir serius, pada punggung ada bintik2 merah, sakit gigi, kuku rusak, mata merah+gatal, telinga berair+bisul, jika merunduk mata terasa mau keluar, napas bau, asma.
Gurat biru melingkar =>  Sakit maag, migrain, wasir.

PANGKAL JARI BENGKAK                                                                                                                                              Gangguan fungsi ginjal, ditambah adanya kantong air dibawah mata.


MENCIUT       => Gangguan fungsi organ ginjal arena kurang cairan.


BERKERUT SAMPAI BUKU JARI KEDUA   Gangguan ginjal (Buang air kecil jarang/ terlalu sering).


UJUNG JARI MERAH    => Kandungan kolesterol tinggi (semakin merah semakin tinggi).


UJUNG JARI TEBAL    => darah tinggi (ada bintik merah).


RUAS JARI HITAM                                                                                                                                                                     Banyak toksid di usus (Sembelit/terlalu sering), angin menyebar pada sendi (sakit sendi).


SEMUA JARI MENIPIS   =>  Diabetes Melitus, pinggang mengecil.

Pada jari ada gurat biru/ hijau, telapak tangan putih serta ada bintik merah                                                     Stres. Gurat biru berawal dari detakan/pompa jantung yang kuat.


TELAPAK TANGAN
Bintik2 putih => Banyak angin dalam tubuh (Angin hasil pencernaan yg  tdk sempurna).
Cekung             => Sistem imunitas tubuh menurun (semakin cekung semakin menurun), sudah terkena sakit,  gangguan syaraf, tumor.
Merah               => Masalah perut
Hitam                => Banyak toksid/ kotoran/ racun dalam tubuh
Berkeringat   => Kelainan pada jantung, depresi, kelainan hormon pada wanita, kelainan syaraf pada laki-laki, tubuh asam.
Kering              => Tubuh banyak mengandung basa.
Putih                => Kurang darah
Tebal seperti kapalan => masalah perut
Garis ramal hitam => Masalah pencernaan (banyak toksid)


Kuku  Bergelombang   =>   Asam urat, hati.
Berlekuk =>  Stres (jauh dari pangkal kuku => stres sudah lama. Lekukan kuat => stres tinggi).
Berwarna Gelap =>  Diabet (biasanya bibir hitam, pangkal lidah berwarna kuning), pencernaan.
Jika ditekan (warna kuku lambat kembali merah) => Tekanan darah rendah.
Kuku jempal tangan kasar (bergaris) => Asam urat. Makin terasa garisnya (jika diraba) makin tinggi asam uratnya.
Garis Putih pada jari tengah => Masalah jantung.
VICTORY (Jika jari kita membentuk huruf  V, dan pada ruas jari terasa sakit, maka perut dalam kondisi sakit).

Dari berbagai sumber